Ekonomi & Bisnis

Demi Bantu Pamerintah Indonesia, Haji Isam Bangun Pabrik Minyak Goreng

 

Pengusaha pribumi H Andi Syamsuddin Arsyad yang populer dipanggil Haji Isam membangun pabrik minyak goreng berkapasitas 160 ton per hari (ton per day/TPD) melalui unit usaha PT Jhonlin Agro Raya (JAR) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pabrik ini akan membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan minyak goreng di dalam negeri, dan sekaligus membuka lapangan kerja. 

Direktur PT JAR Zafrinal dalam Siaran Pers PT Jhonlin Group yang diterima redaksi, Sabtu (5/3),  mengatakan, pabrik minyak goreng milik anak perusahaan Jhonlin Group tersebut akan memproduksi minyak goreng premium kemasan 1 liter dan 2 liter. Produk dari pabrik yang terletak di Sungai Dua, Batulicin, tersebut, bakal dijual dengan  harga terjangkau masyarakat luas.

Keberadaan pabrik minyak goreng di Kalsel, diharapkan bakal membantu meningkatkan perekonomian dari hulu sampai hilir dalam agro industri sawit, mengingat pasar minyak goreng sangat potensial di mana kebutuhan setiap tahun terus meningkat.

Zafrinal mengatakan, pembangunan pabrik yang sudah dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi sejak tanggal 29 Juli 2021 tersebut, akan rampung bulan Juli 2022.

“Saat ini proyek pembangunan tersebut, menyedot tenaga kerja hingga 250 orang warga sekitar. Jika pabrik beroperasi, tentu akan menciptakan lapangan kerja baru dan rencananya akan menyerap 80 persen tenaga kerja lokal,” ujarnya.

Target jangka panjang JAR adalah pemenuhan kapasitas dan ekspansi kapasitas produksi, serta hilirisasi produk CPO dengan produk berkualitas. Harapannya bisa menghasilkan produk minyak goreng berkualitas yang terjangkau masyarakat.

Namun, area pemasaran pada tahap awal memang diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat Kalsel, meski tidak menutup kemungkinan bakal berkembang ke provinsi-provinsi lain di Pulau Kalimantan. (*)

Related Articles

Vegan Avocado Toast with Sun-dried Tomatoes Recipe

admin

Whole Grain Bread Avocado Toast Recipe

admin

Quinoa Salad with Chickpeas Recipe

admin

Tinggalkan komentar