Nasional

Manfaatkan Masjid Agung Al Falah, Ratusan Santri TPA Semangat Tuntut Ilmu Agama

Masjid Agung Al Falah Batulicin, Tanah Bumbu, kini menjadi masjid terbesar di daerah tersebut. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga ramai dikunjungi orang-orang yang berwisata.

Dengan arsitektur masjid cukup unik, mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah dan menggabungkan beberapa unsur daerah Kalimantan Selatan pada interiornya.
Keberadaan masjid tersebut memberikan dampak, terutama untuk kegiatan keagamaan di Tanah Bumbu.

Dengan adanya masjid antusiasme masyarakat sangat baik. Saat ini banyak santri TPA mengaji di masjid tersebut.

“Murid santri TPA mencapai 500 orang. Masyarakat sekarang terbantu karena letaknya strategis dan bangunan sangat megah,’’ ungkap Ketua Takmir Masjid Agung Al Falah M. Sidhiq Baidlowi.

Masjid yang didirikan di atas tanah seluas 1,6 hektare mampu menampung ribuan jamaah dengan kapasitas parkir roda empat sekitar 100 unit dan roda dua 150 unit.

Berdiri sejak 2014 silam, pada tahun 2016 terjadi peralihan dari masjid lama ke masjid baru. Owner Jhonlin Grup, H. Syamsudin Andi Arsyad, mengucurkan dana untuk pembangunan masjid baru tersebut.

“Saat peralihan masjid lama ke masjid baru, alhamdulillah dengan bantuannya, membangun masjid yang jadi kebanggaan masyarakat Tanah Bumbu. Pada tahun 2020 secara resmi sertifikat sudah diserahkan bapak Andi Syamsudin kepada masyarakat,” ujarnya.

Sejak sertifikat diserahkan maka pengelolaan masjid menjadi tanggung jawab pihaknya bersama masyarakat. Begitupula dengan pendanaan untuk operasional jadi tanggung jawab takmir masjid bersama masyarakat luas.

Dana yang dibutuhkan dalam operasional tidak sedikit. Dirinya tidak tak bisa merinci karena kebutuhan tergantung operasional. Ia bersyukur, meski kepemilikan sertifikat sudah diserahkan, namun beliau masih membantu pendanaan operasional.

“Untuk operasional baik untuk kegiatan keagamaan dan sosial masih dibantu, serta dari infak yang kami kelola,” katanya.

Related Articles

Pojok Baca Gabungan Relawan Ikrar Setia ke Jokowi 2024, Tunggu Komando soal Capres

admin

Perizinan PT GKP Sudah Lengkap dan Legal, Jelas Inspektur Tambang

admin

Polisi Islami : Bersholawat Dan Doa Untuk Indonesia

admin

Tinggalkan komentar